Misteri Boneka Sigale Gale Dari Pulau Samosir

Friday, August 17th, 2018 - Boneka

Beberapa waktu yang lalu, cukup heboh dengan misteri boneka Sigale Gale yang konon memiliki cerita yang cukup unik dibaliknya. Yang tepatnyadisaat anda bermain ke Sumatera Utara, kususnya ke kawasan desa Tomok yang masih kental dengan budaya Bataknya. Di desa ini anda akan menemukan boneka tersebut yang biasanya diiringi dengan iringan tarian Tor Tor.

Misteri Boneka Sigale Gale

Sigale Gale memiliki arti lemah gemulai karena memang menurut penduduk disana, boneka ini bisa menari dan bergerak dengan lemah gemulai. Maka dari itu, dinamailah boneka atau patung Sigale Gale, boneka yang bisa bergerak dan menari nari lambat gemulai. Dan sebenarnya, boneka ini hadir di budaya Batak yang menurut beritanya, misteri boneka Sigale Gale atau asal muasalnya cukup memberikan sesuatu pesan didalamnya.

Misteri Boneka Sigale Gale Yang Selalu Membuat Wisatawan Penasaran

Konon, 400 tahun yang lalu, Sigale Gale adalah putra tunggal raja Rahat di Huta Samosir yang memiliki ketampanan luar biasa, yang tentunya merupakan pewaris tunggal tahta ayahnya, dengan nama yang sebenarnya adalah Manggale. Putra tunggalnya ini diperintahkan oleh sangraja untuk bertempur ke medan perang, yang mengakibatkan Manggale ini tewas di pertempuran.

Dan dikarenakan Manggale adalah anak satu satunya dan pewaris tahta, raja Rahat pun mendengar hal itu terpukul sehingga larut dalam kesedihannya yang mengakibatkan raja tersebut jatuh sakit. Semua obat dan segala cara telah diusahakan oleh para penasehat raja untuk bisa menyembuhkan sang raja. Akan tetapi semua tidak menghasilkan apa apa selain memembuat raja semakin kritis.

Tidak lama kemusian, para penasehat raja berdiskusi dan mencetuskan untuk membuat boneka dari kayu yang menyerupai dengan Manggale, anak sang raja yang meninggal di medan tempur tersebut. Seteah patung dibuat, berkumpullah para tetua adat dan dukun dari kampong tersebut untuk mengadakan ritual pemanggilan arwah sang putra raja.

Setelah itu, boneka tersebut dibawalah bonek kayu tersebt ke kerajaan dengan diiringi dengan upacara Gondang Sabangunan. Dan saat raja melihat patung tersebut, konon katanya raja Rahat spontan bangun dari tempat tidurnya dan sembuh dari penyakit yang dideritanya.

Dan hingga saat ini boneka kayu Manggale yang berjasa menyembuhkan raja Rahat digunakan hingga saat ini. Begitulah cerita misteri boneka Sigale Gale dari pulau Samosir yang sering membuat para wisatawan penasaran akan wujudnya.

Pictures gallery of Misteri Boneka Sigale Gale Dari Pulau Samosir

Misteri Boneka Sigale Gale Dari Pulau Samosir | ali | 4.5